Apa Saja Perbedaan Stiker dan Flyer – Citra Mandiri Percetakan

Perbedaan Stiker dan Flyer

Apakah Anda tahu perbedaan stiker dan flyer? Pertanyaan ini sebenarnya sangat mudah. Anda hanya mendengar dari namanya atau bahkan bentuknya saja sudah jelas berbeda. Tapi, tenang saja, di artikel ini akan tetap diberikan ulasan mengenai stiker dan juga flyer supaya Anda dapat membandingkan keduanya.

Stiker adalah media informasi visual yang ditempelkan pada suatu benda yang berupa lembaran kertas kecil atau plastik. Dalam dunia industri periklanan, stiker digunakan sebagai label pada suatu produk botol, kemasan, ataupun objek produk lainnya. Selain itu, dengan desain yang menarik akan membuat masyarakat tertarik akan produk yang dijual tersebut.

Dalam penggunaan sehari-hari pun, stiker dapat ditempel pada dinding, pintu, jendela, buku, mobil, motor, dan sebagainya. Tapi, dalam sebuah situasi tertentu, stiker bisa juga digunakan sebagai media promosi, kampanye politik, maupun pemberi identitas diri atau suatu kelompok. Stiker-stiker seperti itu bisa ditempelkan pada kaca mobil untuk menunjukkan identitas pemilik mobil, promosi destinasi wisata, promosi produk perusahaan, dan lainnya.

Bahkan orang-orang bisa mengumpulkan atau mengkoleksi stiker supaya bisa ditukar dengan kolektor stiker lainnya maupun hanya sekedar mengumpulkannya saja. Bentuk stiker pun bermacam-macam karena bisa disesuaikan dengan keinginan pemakainya, misalnya saja berbentuk bulat, kotak, dan bahkan dibentuk menurut gambar desain yang dibuat.

Di zaman yang sudah maju ini, banyak yang menawarkan jasa stiker, sehingga Anda bisa membuat stiker sesuai dengan keinginan Anda. Sekarang saja sudah ada stiker yang mempunyai permukaan yang timbul, jadi stiker tersebut terlihat lebih menarik karena gambar yang dihasilkan seolah-olah nyata. Anda juga bisa membeli stiker tersebut di toko-toko buku ataupun toko yang khusus yang menyediakan stiker.

Baca juga : Mengenal Ukuran Dan Jenis Flyer yang Umum Digunakan

Lalu, bagaimana dengan flyer? Flyer adalah media promosi atau informasi yang dicetak pada sebuah lembaran kertas yang tidak berlipat. Dari media cetakannya saja sudah berbeda, bukan? Walaupun keduanya sama-sama memberikan suatu informasi, tapi di flyer hanya akan diberikan informasi yang singkat dan padat, karena tujuan flyer sendiri adalah membuat publik bisa membaca dengan cepat mengenai isi flyer tersebut.

Berbeda dengan stiker yang dapat ditempelkan pada suatu benda, flyer hanya berupa kertas biasa yang diberikan secara manual yaitu dari tangan ke tangan. Biasanya Anda menemukan orang-orang yang membagikan flyer secara cuma-cuma di pinggir jalan, tempat event tertentu, atau suatu bazaar yang sedang berlangsung.

Penggunaan setelahnya pun juga sangat jelas berbeda. Kalau stiker bisa terus menerus ditempel dan bahkan Anda dapat mengumpulkannya, maka tidak dengan flyer. Karena dari zaman perang dulu, flyer hanya berupa selembaran yang berisi dengan suatu informasi ( kalau sekarang sudah bisa digunakan media promosi ), yang kemudian setelah masyarakat sudah cukup mendapatkan informasi tersebut, mereka akan membuangnya ke tempat sampah.

Maka dari itu, flyer dinamakan selembaran karena memiliki konsep yang setelah pakai lalu buang. Selain itu, desain yang ditampilkan pada flyer juga berbeda dengan stiker. Seperti yang sudah dijelaskan mengenai stiker di atas, Anda tahu kalau stiker didesain berupa gambar atau tulisan pendek dan bentuknya mengikuti desain yang dibuat. Berbeda dengan flyer yang didesain dalam 1 sisi suatu kertas tipis.

Baca juga : Berbagai Ukuran dan Jenis Stiker yang Ada di Pasaran

Dalam 1 sisi tersebut, desainer flyer berusaha untuk menangkap mata publik dengan inovasi visual yang menarik, karena batas penggunaannya yang sangat terbatas. Dari keterangan tersebut, apakah Anda sudah tahu perbedaan stiker dan flyer?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.