Cara Membuat Foto Ukuran Polaroid Dengan Menggunakan Photoshop

Foto Ukuran Polaroid

Apakah Anda masih ingat dengan kamera polaroid? Kamera yang terbilang klasik ini merupakan kamera pertama yang dapat langsung menghasilkan foto pada saat itu juga. Meskipun perkembangan kamera semakin canggih di zaman modern ini, tetap saja kamera polaroid masih menjadi incaran para pecinta fotografi.

Kenapa bisa? Mungkin karena kamera polaroid memiliki keunikkan tersendiri, seperti efek pada foto yang dihasilkan memberikan kesan vintage, oldies, private, dan lainnya. Kalau Anda menyukai foto yang seperti, kamera polaroid cocok sebagai teman fotografi Anda. Foto ukuran polaroid sangat minimalis, sehingga Anda dapat menyimpannya di album foto atau bahkan bisa dijadikan hiasan foto kamar Anda.

Baca juga : 5 Aplikasi Cetak Foto yang Mudah, Cepat & Praktis Dipakai

Tapi, kalau Anda tidak mempunyai kamera polaroid, Anda bisa membuat sendiri foto ukuran polaroid dengan menggunakan aplikasi Photoshop. Cukup dengan menggunakan kamera smartphone, Anda sudah memiliki hasil foto yang vintage dan oldies seperti kamera polaroid.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuatnya.

  1. Buatlah lembar kerja baru dengan ukuran 575 x 575 px dan backgound warnanya #887671.
  2. Kemudian, buat sebuah kotak dengan menggunakan Rounded Rectangular Tool (U) di tengah-tengah lembar kerja yang baru saja Anda buat. Berikan warna putih sebagai warna dasarnya. Kotak ini nantinya akan Anda jadikan sebagai frame foto Anda.

Jika ingin mengatur letak posisinya di tengah-tengah lembar kerja, klik di layer kotak yang Anda buat, tekan shortcut ctrl + A pada keyboard Anda untuk menyeleksi seluruh area.

Setelah itu, tekan tombol V dan klik pada Align Vertical Centers maupun Align Horizontal Centers yang terdapat di bagian menu lembar kerja. Kemudian, Anda bisa lihat hasil kotaknya sudah berada di tengah-tengah lembar kerja Anda.

  1. Langkah selanjutnya membuat foto ukuran polaroid adalah menambahkan sebuah dimensi supaya frame Anda bisa menjadi lebih realistik. Di Pallete Layer, sebaiknya, berikan nama pada layer-nya agar Anda tidak bingung. Nama layer yang dipakai di langkah-langkah ini bernama “frame putih”. Klik kanan pada frame putih, lalu pilih Blending Options.
  2. Buat New Layer, lalu buat lagi sebuah kotak berwarna putih yang ukurannya lebih kecil dari frame sebelumnya.
  3. Masukkan foto yang ingin Anda jadikan foto ukuran polaroid ke dalam frame yang tadi Anda buat. Lalu, posisikan foto yang Anda pilih yang menurut Anda cocok di tempatkan.
  4. Perhatikan layer foto Anda di Pallete Layer. Jika Anda mengarahkan pointer-nya sembari menekan tombol Alt di antara layer foto dengan layer frame kedua, akan muncul sebuah icon Clipping Mask.
  5. Klik di icon Clipping Mask untuk mengaktifkan Clipping Mask di kedua layer
  6. Selanjutnya, buatlah New Layer lagi di atas layer
  7. Tekan tombol Z untuk Zoom Out tampilan lembar kerja Anda. Perkecil tampilan tersebut sampai sekecil-kecilnya. Jika sudah, tekan tombol B, lalu buatlah sebuah titik pada bagian kecil titik tersebut. Namun, saat membuat titiknya, foto Anda tetap dalam ukuran yang besar.
  8. Ubah ukuran Brush Anda menjadi sangat besar. Dalam contoh di artikel ini menggunakan ukuran 800.
  9. Klik pada layer yang terakhir Anda buat dengan Brush yang tadi Anda perbesar.
  10. Satukan warna yang ada pada layer frame putih dengan Brush tadi dengan foto yang sudah Anda Clipping Mask.
  11. Jika sudah, Anda dapat menambahkan kata-kata yang Anda ingingkan.

Dengan ini, foto ukuran polaroid Anda sudah selesai. Anda bisa mencetaknya untuk disimpan atau diberikan kepada kerabat dekat Anda maupun orang yang Anda sayangi.

Baca juga : Membuat Konsep Buku Tahunan Sekolah Keren & berkesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.