Jenis dan Ukuran Kalender yang Sering Digunakan Masyarakat Indonesia

Apakah Anda tahu kenapa kalender diciptakan? Kalender diciptakan supaya periode waktu yang sudah dilewati dapat diberi nama. Nama-nama yang diberikan itu disebut sebagai tanggal kalender. Untuk mengetahui tanggal-tanggal tersebut, para ahli astronom harus bisa mengetahui pergerakan Matahari dan Bulan.

Bayangkan saja, bagaimana jadinya kalau kehidupan Anda ini tidak ada kalender. Anda mungkin akan kesulitan untuk menentukan janji pada teman atau kerabat Anda lainnya. Bahkan, Anda tidak tahu di periode apa yang sedang Anda jalani, bukan? Maka dari itu, diciptakanlah kalender dari zaman dahulu.

Namun, tahukah Anda, ada beberapa jenis dan ukuran kalender yang berlaku di Indonesia. Berikut ini adalah jenis & ukuran kalender yang ada di Indonesia.

  1. Kalender Masehi

Seluruh dunia pasti memakai kalender Masehi, begitu pula dengan Indonesia. Kelahiran Yesus di Nazaret menjadi asal mulanya kalender Masehi dihitung. Pola pergerakan Matahari digunakan sebagai cara perhitungan kalender ini.

Kalender Masehi memiliki kalkulasi 12 bulan dalam 1 tahun dan 7 hari dalam 1 minggu. Karena dapat mempermudah komunikasi antar belahan dunia, kalender ini merupakan kalender yang paling banyak digunakan.

  1. Kalender Hijriyah

Bagi penganut agama Islam, kalender Hijriyah-lah yang paling banyak mereka gunakan. Peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad ke Mekkah dan Madinah di tahun 622 menjadi awal perhitungan kalender ini. Untuk menentukan bulan maupun tanggal hari raya umat muslim di Indonesia, para ahli menggunakan kalender Hijriyah sebagai standar perhitungannya.

Sistem peredaran bulan menjadi acuan kalender Hijriyah supaya bisa digunakan.

  1. Kalender Jawa

Bagi Anda sebagai orang Jawa, pasti tahu kalau Suku Jawa menggunakan kalender Jawa sebagai penentu tanggalan mereka. Kalender ini termasuk kalender yang rumit, karena sistem menghitungnya memakai 2 siklus, yaitu siklus mingguan dan siklus pancawara.

Siklus mingguan merupakan siklus yang biasanya Anda kenal dan siklus pancawara terdiri dari 5 hari pasaran.

  1. Kalender Sunda

Sebenarnya, kalender ini sangat mirip dengan kalender Masehi. Namun, letak perbedaannya ada pada nama-nama hari, minggu, dan bulan. Kalender Sunda memiliki urutan bulan Kartika, Margasira, Posya, Maga, Palguna, Setra, Wesaka, Yesta, Asada, Srawana, Badra, dan Asuji.

Tapi, jumlah hari dan minggu dalam 1 bulannya sama dengan kalender Masehi.

  1. Kalender Saka

Kalender yang berasal dari India ini, menggabungkan penanggalan Matahari dan Bulan. Cara penanggalan lokal ditambahkan kalender Saka untuk wilayah Jawa dan Bali.

  1. Kalender Saka Bali

Pada umumnya, kalender ini digunakan oleh masyarakat Hindu Bali. Seperti pada namanya, kalender ini merupakan perkembangan dari kalender Saka. Posisi Matahari dan Bulan menjadi acuan penghitungan kalender ini. Tapi sampai sekarang, masih terdapat konvensi dan kompromi yang terus dibicarakan mengenai cara penghitungan yang tepat.

Adapun ukuran-ukuran kalender yang pada umumnya digunakan sesuai dengan bentuk penggunaannya.

  1. Kalender dinding

Jenis kertas yang digunakan kalender dinding adalah HVS 80 sampai 100 Gsm, art paper 100 sampai 150 Gsm, matt paper 100 sampai 150 Gsm, dan art carton 190 sampai 260 Gsm. Ukuran-ukuran yang digunakan untuk membuat kalender dinding yaitu, 31×48 cm, 31×54 cm, 60×40 cm, serta 70×50 cm.

  1. Kalender meja

Kalender meja menggunakan kertas art carton 190 sampai 260 Gsm, karton BW impor atau lokal, karton fancy impor, bahkan Anda bisa meng-custom-nya sendiri. Sedangkan untuk ukurannya 15×20 cm dan pembuat kalender bisa membuat ukuran sesuai dengan yang diinginkan pemesannya

  1. Kalender poster

Kalender yang biasanya digunakan anak muda ini memakai jenis kertas art carton 190 sampai 260 Gsm, duplex coated 210 sampai 300 Gsm, dan kertas yang bisa Anda request sendiri. Untuk ukurannya 35×50 cm, 38×55 cm, 60×40 cm, dan 70×50 cm.

Dengan ulasan jenis & ukuran kalender yang biasanya digunakan di Indonesia ini, semoga dapat menambah wawasan Anda mengenai kalender Indonesia. Semoga bermanfaat.

Ingin beli kalender di citra mandiri percetakan? Silahkan pilih produk kalender klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.