Pengertian dan Kelebihan dari Cutting Sticker Yang Harus Kamu Tahu

Sesuai dengan namanya cutting sticker dalam bahasa Indonesia memiliki makna memotong dengan kata stiker. Jika digabungkan dua kata tersebut memiliki maka potongan stiker. Dalam dunia usaha cutting sticker merupakan sebuah teknik memotong bahan sticker yang disesuaikan dengan desain meliputi warna ataupun corak dengan memanfaatkan mesin cutting sticker atau komputer

Bahan-bahan Untuk Cutting Sticker

  1. Carbon Kevlar

Merupakan bahan sticker yang memiliki ciri-ciri bertekstur dan tebal dan biasanya dimanfaatkan untuk otomotif. Penerapannya membutuhkan alat khusus.

  1. Vinyl

Bahan sticker ini memiliki karakter glossy, doff dan matter. Penggunaan bahan ini lebih luas dibandingkan dengan carbon Kevlar yaitu untuk kebutuhan outdoor, indoor, papan nama, motor serta mobil. Tersedia dalam berbagai macam merk seperti avery, 3m, dcfix, aslant, rexcall serta ritrama.

  1. Sandblast

Jenis bahan sticker yang satu ini biasanya digunakan untuk pelapis kaca gedung, interior ataupun separasi. Merk yang paling banyak digunakan Hyundai, kolon,TAKI serta SKJ.

  1. Fosfor

Sticker ini biasanya dimanfaatkan untuk rambu-rambu keselamatan karena kemampuannya untuk menyimpan cahaya dan dapat menyala dalam kondisi yang gelap.

  1. Hologram

Bahan sticker yang satu ini digunakan untuk melapisi kemasan-kemasan atau packaging  suatu produk.

Bahan Cutting Sticker Berdasarkan Sifat Pantulan Cahaya

  • Non Reflective

Bahan jenis ini umumnya tidak memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya pada maam hari ataupun saat suasana gelap. Biasanya dimanfaatkan untuk neon box, sticker logo ataupun sudah dimanfaatkan untuk branding mobil.

  • Reflective Sheet

Sesuai dengan namanya sticker ini memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya dan cahaya tersebut akan lebih jelas dan terang pada malam hari. Penggunaanya biasanya untuk rambu-rambu lalu lintas, proyek konstruksi ataupun juga digunakan untuk mobil dan motor sebagai aksesoris agar kendaraan lebih menawan.

Baca juga : Pengertian dan Kelebihan dari Cutting Sticker Yang Harus Kamu Tahu

Kelebihan Dari Cutting Sticker

  • Lebih tahan lama serta warna yang dihasilkan dari teknik ini tidak mudah luntur atau pudar dibanding dengan sticker yang memakai teknik digital printing. Jenis bahan sticker seperti Oracal mempunyai kemampuan untuk mempertahankan warnanya hingga sekitar 5 tahun. Hal ini dikarenakan cutting sticker tidak menggunakan tinta tetapi memberikan pigmen permanen pada sticker.
  • Jenis sticker cutting seperti fosfor ataupun scotchlite bisa mengeluarkan warna disaat kondisi gelap dibandingkan dengan digital printing yang belum memiliki kemampuan seperti cutting sticker.
  • Cutting sticker menciptakan sticker yang potongannya disesuaikan dengan bentuk sticker itu sendiri. Sehingga pengaplikasiannya lebih fleksibel untuk berbagai macam media dibandingkan dengan teknik pembuatan sticker seperti digital printing yang memiliki hasil akhir berupa persegi.

Dan untuk saat ini sudah ada teknologi yang menggabungkan teknik digital printing dengan cutting sticker yang bernama printCut. Namaun mesin yang digunakan untuk membuat sticker PrintCut tergolong masih sangat mahal.

Kekurangan Cutting Sticker

  • Memiliki proses pembuatan yang lebih rumit dibandingkan dengan sticker digital printing tetapi dengan kerumitan proses pembuatannya itu maka hasilnya juga tidak akan mengecewakan.
  • Memiliki waktu pekerjaan yang lama dikarena ada beberapa bagian pekerjaan yang harus dilakukan secara manual seperti weeding ataupun peeling atau proses memisahkan sticker yang tidak diperlukan.
  • Teknik sticker memiliki warna-warna yang terbatas khususnya warna solid atau non gradasi. Tetapi walaupun seperti itu, teknik ini masih bisa disiasati dengan memanfaatkan teknik gambar animasi. Sebagai contohnya menggunakan program raster tc Vector ataupun memakai Corel Trace. Anda tidak akan langsung bisa menggunakannya kareena anda harus menatanya terlebih dahulu.

Baca juga : Apa Saja Perbedaan Stiker dan Flyer – Citra Mandiri Percetakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.