Mengenal Perbedaan Mesin Offset & Digital Printing

Perbedaan Mesin Offset & Digital Printing

Saat ini jasa percetakan semakin banyak menjamur diberbagai daerah. Hal ini dikarenakan bisnis percetakan memiliki keuntungan yang tidak sedikit. Tetapi banyak orang yang masih bingung membedakan teknik-teknik yang digunakan dalam percetakan.

1. Mesin offset

Padahal, mempelajari dan mengerti teknik-teknik percetakan itu sangat anda butuhkan untuk mencari tahu keuntungan dan kerugian setelah memilih teknik tersebut. Sekarang, bagi kamu yang masih bingung teknik-teknik percetakan terutama mesin offset dan digital printing berikut ini adalah pengertiannya.

Pengertian Mesin Offset & Digital Printing

  1. Mesin offset

Mesin Offset atau teknik offset adalah sebuah teknik percetakan yang paling banyak digunakan dalam jasa percetakan. Dengan menggunakan teknik ini maka materi yang akan dicetak bisa dipindahkan ke sebuah plat dan diteruskan ke lapisan karet dan ke permukaan bahan.

Bahan yang digunakan dalam teknik percetakan ini adaah tinta basah sehingga membutuhkan proses pengeringan setelah melalui tahap percetakan. Mesin offset juga bisa menghasilkan salin dokumen dalam jumlah yang besar. Merupakan teknik cetak yang ramah di kantong tetapi memiliki kualitas yang tinggi.

Baca juga : Manfaat Menggunakan Jasa Percetakan yang Menguntungkan

  1. Digital Printing

Digital printing adalah sebuah teknik percetakan dimana gambarnya berbasis digita kemudian akan dicetak diberbagai media dengan cara yang cepat. Ini merupakan sebuah hasil inovasi perkembangan dari teknik percetakan konvensional.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk teknik percetakan ini lumayan besar dibandingkan dengan menggunakan teknik offset. Tetapi kelebihan yang dimiliki oleh teknik ini adalah tidak membutuhkan proses pra cetak seperti teknik offset dan yang lainnya. Teknik percetakan ini biasanya digunakan para percetakan skaa kecil dan proses cetak dapat disesuaikan dengan permintaan atau disebut print on demand.

Teknik ini menggunakan tinta-tinta antara lain tinda toner yang harus dipanaskan terlebih dahulu ataupun tinta pasta. Adanya perbedaan tinta yang digunakan juga akan menghadirkan reaksi berbda pada kertas.

Perbedaan Mesin Offset & Digital Printing

Setelah mengetahui pengertian mesin offset dan digital proses diatas, berikut ini perbedaan-perbedaan dari kedua teknik percetakan yang harus diketahui.

  • Jumlah Cetakan

Mesin offset dapat mencetak file dalam jumlah yang besar bahkan diatas ribuan lembar dan jika jumlah lembaran yang dihasilkan semakin besar maka harga untuk per lembarnya akan lebih murah. Sedang pada digital printing hanya mampu mencetak file dalam jumah yang sedikit dalam ratusan ataupun bahkan hanya 1 lembar saja.

  • Kertas yang Digunakan

Pada mesin offset, dapat mencetak file dalam kertas yang memiliki ukuran kasar dan bergramatur dengan ketebalan hingga 300 gsm. Untuk ukuran kertas yang biasanya digunakan adalah A1 dan A0. Sedangkan untuk teknik digital printing hanya bisa mencetak file hingga ukuran kertas A3+

  • Waktu Produksi

Untuk mesin offset, anda harus menunggu lama untuk mendapatkan hasil cetakan file karena membutuhkan film, plat serta penyetelan tinta dan adanya proses pengeringan karena menggunakan tinta basah. Sedangkan untuk Digital printing, anda tidak perlu membutuhkan waktu karena proses percetakannya yang lebih praktis dan tidak membutuhkan plat cetak.

  • Harga

Karena dapat memproses banyak file sekaligus maka mesin offset akan menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan teknik digital printing saat akan mencetak dalam skala yang besar. Tetapi untuk cetakan yang sedikit, digital printing akan menawarkan harga yang ebih murah.

  • Limbah

Pada mesin offset akan menghasilkan banyak sampah selama proses pengaturan warna dan termasuk teknik yang kurang ramah untuk lingkungan. Berbeda dengan digital printing yang menghasilkan sedikit sampah karena memiliki proses yang lebih praktis dan dicetak sesuai dengan pesanan.

Baca juga : Apa Itu Digital Printing dan Printing Offset (Pengertian, Teknik, dll)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.